Smartphone itu Bukan Bodophone

Banyak diantara kita sekarang sudah menggunakan smartphone sebagai alat komunikasi sehari-hari. Ada yang menggunakan Android, Blackberry, maupun Iphone dan sejenisnya. Namun sadarkah kita bahwa banyak diantara mereka masih menggunakan smartphone sebatas handphone biasa dan tidak menggunakan level smart-nya?

Beberapa waktu yang lalu sewaktu saya sedang disebuah counter HP, seorang bapak membeli Iphone seri terbaru untuk menggantikan HP jadulnya. Setelah simcard dipindah ke HP baru, muncullah persoalan, si Bapak tidak berkenan untuk membeli paket pulsa internet seharga 50rb sebulan agar HP-nya bisa online. Nah, lalu buat apa kita membeli HP seharga 10jt lebih kalau fungsinya tidak lebih dari HP seharga 300rb? Dan konyol sekali kalau kita bisa membeli barang seharga 10jt namun tidak bisa membelikan pulsa senilai 50rb. Ajaib sekali!

Banyak diantara kita membeli smartphone itu hanya karena gengsi. Hanya supaya tampil keren atau dipandang tidak ketinggalan zaman. Padahal mungkin kita tidak memerlukan ‘smart’ phone, cuma cukup bodophone. Atau mungkin kita memang sudah selayaknya menggunakan smartphone namun kita tidak sadar dan tidak tahu apa sih hebatnya smartphone itu? Efeknya kita menjadi orang bodoh yang menggunakan handphone pandai yang akhirnya kita perintahkan untuk tidak pandai agar kita bisa menggunakannya.

Sadarkah kita bahwa banyak feature di Smartphone yang kadang tidak kita manfaatkan secara maksimal pada saat kita menggunakan smartphone? Semua feature yang ‘smart’ itu menjadi penyebab kenapa HP itu disebut smartphone. Tanpa feature-feature itu, maka kita percuma saja membeli HP keren dan mewah kalau fungsinya tidak lebih dari sekedar telepon dan sms.

Feature yang pasti wajib kita sadari begitu kita menggunakan HP smartphone adalah kemampuan dia berkomunikasi dengan gambar dan text secara mudah seperti menggunakan BBM, Whatsapp, Line, dan sejenisnya. Rasanya feature ini sangat standar sehingga kalau sampai kita membeli Smartphone tapi tidak memanfaatkannya, adalah ‘salah kaprah’.

Feature lain adalah email, sudah pasti email adalah bagian dari feature yang wajib. Register account di smartphone pasti menggunakan email. Register BBM, Whatsapp, dll juga pasti menggunakan email. Jadi kalau email ini tidak ada, pasti tidak mungkin. Masalahnya, apakah kita menggunakan email atau tidak? Berapa banyak diantara kita cuma sekedar meregister email kemudian melupakan begitu saja passwordnya bahkan alamat emailnya? Banyak sekali kejadian kalau kita bertanya “Alamat emailnya apa?” Jawabannya “Aduh, lupa!”

Hal yang paling jarang diketahui orang atau paling jarang dimanfaatkan adalah kemampuan smartphone untuk :

– menyimpan kontak telepon. BIasanya orang menyimpan di SIM atau di Handphone. Hal ini sering kali menjadi masalah. Simcard memang bisa dipindah ke handphone lain, tetapi sangat terbatas kapasitasnya. Kalau di Handphone, memang bisa banyak, tapi kalau HP-nya rusak mendadak? Atau hilang? Lenyaplah sudah seluruh kontak telepon kita. Hal yang paling benar adalah menyimpannya di service email seperti gmail. Kalau Handphone ganti, tinggal masukkan email kita, maka kontak telepon kita akan muncul semuanya. Bahkan kalau kita punya 2 smartphone atau lebih, kita menyimpan di salah satu HP, maka di HP yang lain akan juga langsung muncul kontak tersebut.

– Adalah salah satu keunggulan smartphone zaman sekarang adalah sekaligus menjadi kamera. Hasil yang cukup bagus membuat mengambil foto melalui HP menjadi sangat menyenangkan dan penting. Namun bagaimana kalau HP kita hilang? Karena itu menyimpan foto hasil jepretan kamera HP sebaiknya juga disinkronkan ke internet seperti misalnya Google+. Sehingga setiap kali kita mengambil foto, secara otomatis foto itu akan dibackup ke internet (tidak dipublish/share). Dan pada saat kita suatu kali membutuhkan, foto itu masih ada di sana walaupun HP nya mungkin sudah tiada.

– Menjadi peta berjalan. Mengandalkan program maps yang mereka punya, kita bisa manfaatkan mereka untuk memandu arah atau mengambil keputusan jalan dalam kondisi tertentu. Bahkan pada sejumlah program, kita bisa menampilkan kondisi traffic seperti kemacetan dan lain-lain atau memanfaatkan untuk program monitoring seperti melihat posisi keluarga kita dimana dengan mengandalkan sejumlah program tracking.

– Membackup semua SMS yang kita terima ke email, sehingga kita bisa mencatat semua SMS yang masuk dan tidak kuatir kehilangan pada saat HP hilang. Bahkan walaupun sms sudah kita hapus dari HP, yang di email ini masih ada dan terus bisa disimpan sampai kapanpun kita mau.

– dan masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan smartphone kita tanpa harus kita ROOT. Misalnya reminder meeting, hari ulang tahun, dan acara-acara penting, atau menjadi HP tanpa pulsa dengan menelpon melalui WIFI, atau menjadi komputer sementara untuk mengakses data pekerjaan yang kita simpan di cloud, dll. Jadi, mari memanfaatkan SMARTPHONE kita sebagai barang yang SMART bukan sebagai bodophone.

 

Leave a Reply