Bekerja itu Menyenangkan, Asal….

Banyak orang berkata “Kerja itu capek”. Tapi menurut saya, bekerja itu bisa jadi menyenangkan. Apalagi kalau kita bekerja dibidang yang kita suka, dan ditempat yang memungkinkan kita untuk berkembang.

Kebanyakan orang merasa malas bekerja karena mereka merasa tidak bisa berkembang atau merasa tidak pas dengan bidang yang mereka jalani. Mereka umumnya bekerja ‘asal’ bekerja, atau kebetulan mendapat pekerjaan itu karena satu dan lain hal dan merasa ‘enak karena bulan madu’. Masalahnya, setelah masa bulan madu itu lewat, maka yang tersisa adalah ‘kerja itu capek’.

DSCN6254-rKalau dulu awal saya bekerja, saya melihat pekerjaan itu sebagai sebuah acara yang menyenangkan, pulang malam that’s fun. Tidak banyak orang yang bisa mengalami kejadian seperti saya pulang dari sebuah gedung tengah malam, itu adalah sebuah cerita yang bisa saya ceritakan kelak kepada banyak orang bahwa saya pernah ‘bla-bla-bla’.

Waktu kantor saya membutuhkan orang untuk bekerja di Semarang, saya melihat itu sebagai sebuah kesempatan buat jalan-jalan. That was fun too. Saya tinggal lebih dari 6 bulan di Semarang dan mengenal banyak kota itu dan saya bisa dengan bangganya berbicara tentang makanan dan kota Semarang dengan orang lain seakan-akan saya adalah orang Semarang. Saya memiliki banyak pengalaman dengan saya bekerja dan tetap saya mendapatkan uang untuk hidup dan masa depan saya.

Masalahnya, banyak orang melihat bekerja adalah ajang mencari uang. Buat saya, bekerja adalah ajang untuk menunjukkan jati diri, kemampuan kita, dan sekaligus kesempatan untuk kita belajar menjadi person yang lebih hebat dari hari ke hari dengan segala hal yang kita alami di dunia kerja. Kalau kita salah, kita dimarahi, dan kita menjadi tahu mana yang lebih baik dan lebih benar untuk kita dan mungkin untuk perusahaan ditempat kita bekerja.

Tidak masalah namanya dimarahi, karena itulah cara kita menjadi lebih baik. Kita bisa menjadi lebih baik karena kita tahu kita salah, kita tahu kita salah karena ada orang lain yang menilai kita dan memberitahukannya kepada kita. Jadi, kalau menurut saya, bekerja adalah tempat dimana kita belajar menjadi pribadi yang lebih baik dengan mendapat gaji.

Bekerja dengan orientasi uang hanya akan menimbulkan masalah untuk kita dikemudian hari. Karena uang adalah sesuatu yang bisa diatur. Dan kita bisa mengaturnya dengan cara yang ‘cerdik’ dan bukan secara alami. Sangatlah simple untuk menjadi orang yang mendapatkan tambahan gaji dengan banyak dan cepat yaitu dengan cara-cara yang ‘cerdik’ walaupun belum tentu benar. Sedangkan untuk menjadi orang yang lebih baik, kita harus mau menerima kritik dan peringatan keras atas kesalahan kita, kemudian mengevaluasinya dan kemudian mengubahnya ke yang lebih baik.

Jadi, bekerja itu fun, kalau kita melakukannya dengan motivasi yang benar. Siapa sangka dari bekerja dengan tekun itu, kita mendapat kesempatan menginap di hotel berbintang secara gratis, naik pesawat kesana kemari, keliling indonesia dan melihat berbagai ragam keindahan indonesia diluar tempat kita tinggal, dan bahkan sampai ke manca negara.

Jangan pikirkan masalah uang, tetapi pikirkan bagaimana kita akhirnya mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga itu tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, namun malahan mendapatkan uang dari pekerjaan itu.

Bekerja itu menyenangkan, karena itu, bekerjalah sepenuh hati dan dengan segenap kemampuan kita.

Leave a Reply